Algoritma

26.9.09 by curie loho
Ditinjau dari asal usul kata, kata algoritma sendiri mempunyai sejarah yang aneh. Kata ini tidak muncul di dalam kamus Webster sampai akhir tahun 1957. Orang hanya menemukan kata algorism yang berarti proses menghitung dengan angka arab [KNU73]. Anda dikatakan algorist jika anda menggunakan angka arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata algorism ini namun hasilnya kurang memuaskan.

Akhirnya para ahli sejarah matematika menemukan asal mula kata tersebut. Kata Algorism berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal, yaitu Abu Ja'far Muhammad ibnu Musa al-Khuwarizmi (al-khuwarizmi dibaca orang barat menjadi algorism). Al-Khuwarizm menulis buku yang berjudul Kitab al jabar wal-muqabala, yang artinya "buku pemugaran dan pengurangan". (the book of restoration and reduction).

Dari judul buku itu kita juga memperoleh akar kata "aljabar" (algebra). Perubahan dari kata algorism menjadi algorithm muncul karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran sm berubah menjadi thm. Karena perhitungan dengan angka arab sudah menjadi hal yang biasa/lumrah.

Maka lambat laun kata algoritm berangsusr-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna aslinya [PAR95]. Dalam bahasa indonesia, kata algorithm diserap menjadi kata "algoritma".

Pada tahun 1950, kata algoritma sering dihubungkan dengan "algoritma Euclidean" (euclid's algorithm), yaitu proses untuk menemukan pembagi bersama terbesar (common greatest divisor). pbt, dari dua buah bilangan bulat m dan n [KNU73]. Misalnya m=80 dan n=12. Faktor pembagi 80 adalah 1,2,4,5,8,10,16,20,40,80, dan faktor pembagi adalah 1,2,3,4,6,12, maka pbt (80,12)=4. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

80/12 = 6, sisa 8
12/8 = 1, sisa 4
8/4 = 2, sisa 0

Karena pembagian yang terakhir menghasilkan 0, maka sisa pembagian terakhir sebelum 0, yaitu 4, menjadi pbt(80,12). Jadi pbt (80,12) = pbt (12,18) = pbt (8,4) = pbt (4,0) = 4. Ada beberapa versi algoritma Euclidean, salah satunya dituliskan di bawah ini:

Alogritma EUCLIDEAN

Diberikan dua buah bilangan bulat tak-negatif m dan n (m ≥ n). carilah pembagi bersama terbesar, pbt, dari kedua bilangan tersebut, yaitu bilangan bulat positif terbesar yang habis membagi m dan n.

DESKRIPSI:
1.jika n = 0 maka
m adalah jawabannya;
stop.
tetapi jika m ≠ 0,
lanjutkan ke langkah 2.
2.Bagilah m dengan n dan misalkan r adalah sisanya.
3.Ganti nilai m dengan nilai n dan nilai n dengan nilai r, lalu ulang kembali ke langkah 1.

Dengan menggunakan m = 80 dan n = 12, maka pbt (80,12) dihitung dengan algoritma Euclidean di atas sebagai berikut:


1.(1) Karena n = 12 ≠ 0, maka lanjutkan ke langkah 2 (1)
2.(1) Hitung m/n = 80/12 =6, sisanya r = 8
3.(1) Nilai mbaru = nlama = 12 dan nbaru = r = 8. Lanjut ke langkah 1 (2).

1.(2) Karena n = 8 ≠ 0, maka lanjutkan ke langkah 2 (2)
2.(2) Hitung m/n = 12/8 = 1, sisanya r = 4.
3.(2) Nilai mbaru = nlama = 8 dan nbaru = r = 4. Lanjut ke langkah 1 (3).

1.(3) Karena n = 4 ≠ 0, maka lanutkan ke langkah 2 (3).
2.(3) Hitung m/n = 8/4 = 2, sisanya r = 0.
3.(3) Nilai mbaru = nlama = 4 dan nbaru = r = 0. Lanjut ke langkah 1 (4).

1.(4) Karena r = 0, maka n = 4 adalah jawabannya. Stop.
Jadi, pbt (80,12) = 4

Keterangan angka di dalam kurung, (1), (2) dan (3) masing-masing menyatakan perulangan yang ke-1, ke-2 dan ke-3.

Sampai sejauh ini, apakah anda sudah dapat memahami apa yang dimaksud dengan algoritma itu?ya, algoritma berisi urutan langkah-langkah penyelesaian masalah.



--------------------------------




Algoritma adalah jantung ilmu kopmuter informatika. Banyak cabang ilmu komputer yang diacu dalam terminologi algoritma. namun, jangan beranggapan algoritma selaluu identik dengan ilmu komputer saja. Dalam kehidupan sehari-haripun banyak terdapat proses yang digambarkan dalam suatu algoritma. Cara-cara membuat kue atau masakan, misalnya membuat otak-otak ikan bandeng

Resep otak-otak ikan bandeng

Bahan:
- 2 ekor ikan bandeng ukuran kecil
- 2 buah kentang kukus
- 2 butir telur
- 2 tangkai daun bawang, dirajang halus
- 75 cc santan kental
- 3 butir kemiri sangrai
- 1 sendok teh ketumbar halus
- 2 siung bawang putih
- 3 butir bawang merah
- 2 cabe merah tanpa biji
- garam dan merica secukupnya
- minyak goreng secukupnya

Cara membuat

Haluskan kemiri, ketumbar, bawang putih, bawang merah, cabe merah, garam dan merica. Sisihkan.

Ambil ikan bandeng yang telah dibersihkan. Pukul-pukul dengan anak lumpang hingga daging ikan hancur di dalam.

Tekuk ekor ikan ke arah atas hingga terdengar bunyi "klik" sebagai tanda tulang telah patah.

Tarik tulang ke arah atas melalui bagian kepala. Keluarkan pula isi dagingnya. Sisihkan tulang-tulang halus yang masih tersisa.

Giling daging ikan bersama bumbu halus. Tuangkan santan. Campur dengan kentang kukus. Aduk rata.

isikan adonan ikan ke dalam kulit bandeng. Kukus selama 20 menit.

Goreng hingga matang.

Pada setiap resep selalu ada urutan langkah-langkah membuat masakan. Bila langkah-langkahnya tidak logis, tidak dapat dihasilkan masakan yang diinginkan. Ibu-ibu mencoba resep suatu maskan akan membaca satu per satu langkah pembuatannya, lalu ia mengerjakan proses sesuai yang ia baca. Secara umum, pihak (benda) yang mengerjakan proses disebut pemroses (processor). Pemroses tersebut dapat berupa manusia, komputer, robot atau alat-alat mekanik/elektronik lainnya.

pemroses melakukan suatu proses dengan melaksanakan atau mengeksekusi algoritma yang menjabarkan pross tersebut. Melaksanakan algoritma berarti langkah-langkah di dalam algoritma tersebut.

Contoh-contoh lain algoritma dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pola pakaian, panduan praktikum, papan not balok dan pengisian voucher, dll.

Pemroses mengerjakan proses sesuai dengan algoritma yang diberikan kepada. Juru masak membuat kur berdasarkan resep yang diberikan kepadanya, pianis memainkan lagu berdasarkan papan not balok, teknisi merakit mobil berdasarkan panduan merakit. Karena itu suatu algoritma harus dinyatakan dalam bentuk yang dapat dimengerti oleh pemroses.

Seorang pianis tidak dapat memainkan musik bila ia tidak mengeri not balok. Menurut [Gol88], suatu pemroses harus:

1. Mengerti setiap langkah dalam algoritma.
2. Mengerjakan operasi yang bersesuaian dengan langkah tersebut.



---------------------------------------------------------------------------------------


Komputer hanyala salah satu pemroses. Agar dapat dilaksanakan oleh komputer, algoritma harus ditulis dalam notasi bahasa pemrograman sehingga dinamakan program. Jadi program adalah perwujudan atau implementasi teknis algoritma yang ditulis dalam bahasa pemrograman tertentu sehingga dapat dilaksanakan oleh komputer.

kata "algoritma" dan kata "program" sering kali dipertukarkan dalam penggunaannya. Misalnya ada orang yang berkata seperti ini: "program pengurutan data menggunakan algoritma selection sort". Atau eprtanyaan seperti ini: "bagaimana algoritma dari program menggambar grafik tersebut?". Jika and asudah memahami pengertian algoritma yang dusha disebutkan sebelum ini, anda dapat membedakan arti kata algoritma dan program.

Algorritma adlah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah, sedangkan program adalah realisasi algoritma dalam bahasa pemrograman. Program ditulis dalam salah satu bahasa pemrograman, dan kegiatan membuat program disebut pemrograman (programming). Orang yang menulis program disebut pemrogram (programmer). Tiap-tiap langkah di dalam program disebut pernyataan atau instruksi, jadi program tersusun atas sederetan instruksi.

Bila suatu instruksi dilaksanakan, maka operasi yang bersesuaian dengan instruksi teresebut dikerjakan oleh komputer. Secara garis besar komputer teresusun atas empat komponen utama yaitu: piranti masukkan piranti keluaran, unit pemroses utama dan mempri. Unti pemroses utama (central processing unit - CPU) adalah otak komputer, yang berfungsi mengerjakanoperasi-operasi dasar seperti operasi perbandingan, operasi perhitungan, operasi membaca dan oeprasi menulis.

Memori adalah komponen yang berfungsi menyimpan atau mengingat-ingat. Yang disimpan di dalam memori adalah program (berisi oeprasi-operasi yang akan dikerjakan oleh CPU) dan data atau informasi (sesuatu yang diolah oleh operasi-operasi).

Piranti masukan dan keluaran (I/O devices) adalah aalat yang memasukkan data atau program ke dalam memori, dan alat yang digunakan komputer untuk mengkomunikasikan hasil-hasil aktivitasnya. Contoh piranti masukkan antara lain papan kunci (keyboard), pemindai (scanner), tetikus (mouse), joystick dan cakram (disk). Contoh piranti keluaran aalh yang paling dikenal - layar peragaa (monitor), pecetak (printer), perajah (plotter), dan cakram (disk).

Mekanisme kerja keempat komponen di atas dapat dijelaskan sebagai berikut. Mula-mula program dimasukkan ke dalam memori komputer. Ketika program dilaksanakan (execute), setiap instruksi yang telah tersimpan di dalam memori dikirim ke CPU. CPU mengerjakan operasi-operasi yang bersesuaian dengan instruksi tersebut. Bila suatu oeprasi memerlukan data, data dibaca dari piranti masukkan, disimpan di dalam memori lalu dikirim ke CPU untuk operasi yang memerlukannya tadi.

Bila proses menghasilkan keluaran atau informasi, keluaran disimpan ke dalam memori, lalu memori menuliskan keluaran tadi ke piranti keluaran (misalkan dengan mencetaknya ke layar peraga).

Posted in | 0 Comments »

bahasa pemrograman

by curie loho
Komputer adalah alat bantu untuk menyelesaikan masalah. namun, maslah yang ingin diselesaikan tidak dapat langsung "disodorkan" begitu saja ke komputer. Sebagai contoh, andaikan anda mempunyai data nilai ujian sekumpulan mahasiswa. Anda ingin mengurutkan semua data tersebut dari nilai tertinggi hingga nilai terendah. Misalkan anda ketikkan semua nilai ujian dengan sebuah program pengolah data (word processor) lalu dibawahnya dituliskan perintah kepada komputer untuk mengurutkannya sebagai berikut

30, 27, 66, 45, 81, 63, 951 ..., 67
urutkan dari nilai terbesar hingga nilai terkecil

dan anda menunggu hasilnya. Apakah komputer anda mengerjakan maslah pengurutan tersebut? tentu saja tidak, karena komputer tidak mengerti perintah anda di atas dan tidak tahu bagaimana cara mengurutkan sekumpulan nilai tersebut.


agar komputer dapat menyelesaikan masalah anda, maka anda perlu merumuskan langkah-langkah penyelesaian masalah itu dalam suatu rangkaian instruksi. Komputerlah yang nanti mengerjakan rangkaian instruksi itu dalam suatu rangkaian instruksi tersebut, karena komputer dapat mengerjakannya dengan cepat dan akuratt bahkan berulang-ulang tanpa kenal lelah dan bosan. Sekumpulan instruksi yang merupakan penyelesaian masalah itu dinamakan instruksi-instruksi dinamakan program. Program dimasukkan ke dalam komputer. Komputer mengerjakan instruksi-instruksi di dalam program teresebut, lalu memberikan hasil atau keluaran yang diinginkan.

misalkan program yang berisi rangkaian instruksi untuk mengurutkan sekumpulan data teesbut anda rumuskan kembali sebagai berikut:

langkah 1 : cari nilai terbesar di antara N buah data
langkah 2 : Tempatkan nilai terbesar tersebut pada posisi yang tepat
langkah 3 : Ulangi langkah 1 untuk N - 1 buah data yang lain

Nah, sekarang usaha anda sedikit lebih maju, tetapi komputer tetap belum dapat melaksanakan program di atas karena bahasa yang anda gunakan untuk menulis program tidak dapat dipahaminya. Agar program dapat dilaksanakan oleh komputer maka program tersebut harus ditulis dalam suatu bahasa yang dimengerti oleh komputer. Sebagaimana dalam kehidupan manusia, kita hanya dapat memberikan perintah kepada orang lain dalam bahasa yang ia mengerti.

Misalnya kepada orang Jepang, kita hanya dapat memberikan tugas kepadanya dalam bahasa Jepang (atau bahasa Inggrsi). Karena komputer adalah mesin
, maka program harus ditulis dalam bahasa yang khusus dibuat untuk berkomunikasi dengan komputer. Bahasa komputer yang digunakan dalam menulis program program dinamakan bahasa pemrograman.



----------
Salah satu bahasa pemrograman adalah bahasa pascal. Andaikanlah anda sudah mempelajari bahasa pascal (melalui buku-buku, misalnya) maka anda dapat menuliaskan langkah-langkah mengurutkan sekumpulan data dalam sebuah program sebagai berikut.

program PENGURUTAN;
const N = 100; {banyaknya data nilai ujian}
var Nilai : array [1..N] of integer;
j,k,temp, imaks : integer;

begin
{baca data nilai ujian N orang mahasiswa}
for j:=1 to N do
readln(nilai [j]);

{urutkan}
for j:=1 to N-1 do (ulangi sebanyak N - 1 kali)
begin
{cari nilai terbesar di antara N buah data}
Imaks:=j;
for k:=j+1 to n do
if nilai [k] > nilai [j] then
Imaks:=k;
(endif)
(endfor)

{tempatkan nilai terbesar pada posisi yang tepat dengan cara pertukaran}
temp:=nilai [j];
nilai[j]:=nilai [Imaks];
nilai [Imaks]:=temp;
end; {for}

{tulisan nilai yang sudah terurut}
for jj:=1 to N do
writeln(nilai[j]);
end.

Nah, sekarang program pengurutan di atas sudah siap anda jalankan pada komputer (dengan prosedur tambahan mengkompilasinya dengan compiler pascal tertentu.

Pascal hanyalah salah satu dari sekian banyak bahasa pemrograman. Ada bahasa pemrograman yang cukup sulit dipahami oleh penggunanya dikarenakan tata bahasanya yang primitif atau karena orientasi bahasanya lebih dekat ke bahasa mesin (disebut bahasa tingkat rendah - low level language) ketimbang bahasa manusia (yang disebut bahasa tingkat tinggi - high level language).

Bahasa pascal, seperti halnya bahasa inggris dan bahasa indonesia termasuk bahasa tingkat tinggi. Kebanyakan bahasa pemrograman tingkat tinggi mengambil beberapa kata standard dari bahasa inggris (termasuk tata bahasanya) sehingga ia relatif lebih mudah dipelajari oleh pemrogram (orang yang menulis program komputer).

Pada mulanya orang mempelajari suatu bahasa pemrograman melalui aturan tata bahasanya. Bahasa pemrograman yang berbeda mempunyai aturan tata bahasa berbeda pula. Bahkan sebuah bahasa yang sama dapat mempunyai beberapa versi (sesuai perkembangannya), dan setiap versi dirancang untuk komputer atau lingkungan sistem operasi tertentu antara saru versi bahasa dengan versi lainnya terdapat beberapa perbedaan.

jadi agar program dapat dijalankan pada komputer yang lain, orang harus menulis program dalam bersi bahasa yang sesuai dengan komputer tersebut. Dengan kata lain, pemrogram sangat terikat dengan aturan bahasa dan spesifikasi mesin yang akan menjalankannya.

Saat ini dengan berkembangnya teknik pemrograman terstruktur, orang tidak lagi memecahkan masalah dengan langsung menulis programnya dalam bahasa pemrograman. Orang mulai memikirkan suatu cara penyelesaian maslah yang akan diprogram dengan menekankan pada desain atau rancangan yang mewakili pemecahan masalah tersebut.

Desain ini independen dari bahasa pemrograman yang digunakan dari komputer yang menjalankan program . Desain menyajikan cara berpikir si pemrogram dalam menyelesaikan maslah. Desain berisi urutan langkah-langkah pencapaian solusi yang ditulis dalam notasi-notasi deskriptif. urutan langkah-langkah yang sistematis untuk menyelesaikan sebuah maslah dinamakan algoritma.

Perhatikanlah bahwa teks di bawah ini aldaah sebuah contoh sebuah algoritma (meskipun belum terlalu rinci), yaitu algoritma mengurutkan sekumpulan data

Algoritma pengurutan
langkah 1 : Cari nilai terbesar di antara N buah data
Langkah 2 : Tempatkan nilai terbesar tersebut pada posisi yang tepat
Langkah 3 : Ulangi langkah 1 untuk N - 1 buah data yang lain.

Notasi yang digunakan untuk menuliskan algoritma disebut notasi algoritma. Notasi algoritma pengurutan diatas ditulis dalam notasi bahasa Indonesia. Notasi algoritma bukan notasi bahasa pemrograman, karena itu program dalam notasi algoritma tidak dapat dijalankan oleh komputer. Agar dapat dijalankan oleh komputer, program dalam notasi algoritma harus ditranslasikan (diterjemahkan) ke dalam notasi bahasa pemrograman yang dipilih.


Posted in | 0 Comments »

manajemen komputer

by curie loho
Dalam teori ilmu manajemen menyatakan bahwa manajemen terbagi menjadi beberapa tingkatan, yaitu manajemen puncak (top management), managemen menengah (middle management), management bawah (bottom management) dan operasional. Dengan pembagian manajemen tersebut, terbagi pula pekerjaan-pekerjaan suatu perusahaan sesuai dengan fungsi-fungsi dari tingkatan manajemen tersebut.

Pada fungsi dari tingkaran operasi banyak menggunakan komputer secara langsung, sehingga pada bagian operasional inilah banyak terjadi kerusakan komputer yang diakibatkan pemakaian komputer bersama-sama atau sastu komputer digunakan oleh lebih dari satu orang, sehingga komputer dapat digunakan oleh orang yang baru coba-coba atau belajar, dan akibatnya kontrol terhadap komputer tersebut sangat lemah.


Jika komputer digunakan oleh orang yang sudah mahir menggunakannya, tidak terlalu besar pengaruhnya atas rusaknya komputer. Namun jika komputer tersebut digunakan oleh otang yang baru belajar, orang tersebut akan menggunakan dengan cara mencoba untuk membuka program satu dan yang lain. Apabila pengguna komputer tersebut tidak memahami cara penggunaannya akan berakibat rusaknya program yang terdapat pada komputer.

Selain komputer dapat rusak, jika komputer digunakan secara bersama-sama, akan berakibat kontrol terhadap data sangat lemah dan akan berakibat hilang atau dicurinya data tersebut.

Organisasi
Organisasi merupakan suatu wadah tempat berkumpulnya orang yang mempunyai tujuan yang sama. Dengan banyaknya orang yang berkumpul pada organisasi, masalah yang timbul dapat bermacam-macam antara lain: pencurian, kerusakan komputer, gangguan komputer, kerusakan faktor perangkat keras, kerusakan faktor perangkat lunak, kerusakan sistem operasi dan lain-lain.

Dalam suatu organisasi, kontrol terhadap orang-orang yang keluar masuk ke dalam organisasi tidak seketat dalam sautu manajemen perusahaan. Namun perlu diketahui bahwa data suatu organisasi tersebut juga penting untuk diamankan. Karena jika pengamanan terhadap suatu data tidak diperhatikan dapat berakibat disalah gunakan data tersebut untuk kepentingan pribadi namun diatas namakan organisasi. Jika hal ini terjadi, nama baik organisasi tersebut akan buruk dipandang oleh masyarakat.

Sebagian besar maslah yang ditimbulkan pada faktor organisasi ini hampir sama dengan yang ditimbulkan pada faktor manajemen.

Telekomunikasi
Pada umumnya, kerusakan yang diakibatkan oleh faktor telekomunikasi adlah kerusakan data pada saat pengiriman antara komputer yang satu dengan komputer yang lain, apabila data yang dikirim merupakan data yang sangat penting, akan berakibat informasi yang diterima pada komputer penerima tidak sempurna dan akibatnya adalah perusahaan tersebut akan salah dalam membuat laporan. Selain rusaknya dta yang dikirim, data tersebut dapat pula disadap oleh pihak lain yang mempunyai niat tidak baik pada perusahaan. Penyadapan ini kian marak dengan perkembangan teknologi informasi yang kian baik.

http://site2207.blogspot.com/2009/08/manajemen-komputer.html
Posted in | 0 Comments »

Surat Cinta Seorang Hacker

by curie loho

Seandainya hatimu adalah sebuah system, maka aku akan scan kamu untuk mengetahui port mana yang terbuka Sehingga tidak ada keraguan saat aku c:\> nc -l -o -v -e ke hatimu,tapi aku hanya berani ping di belakang anonymouse proxy, inikah rasanya jatuh cinta sehingga membuatku seperti pecundang atau aku memang pecundang sejati whatever!
Seandainya hatimu adalah sebuah system,
ingin rasanya aku manfaatkan vulnerabilitiesmu, pake PHP injection Terus aku ls -la; find / -perm 777 -type d,sehingga aku tau kalo di hatimu ada folder yang bisa ditulisi atau adakah free space buat aku?. apa aku harus pasang backdor “Remote Connect-Back Shell”jadi aku tinggal nunggu koneksi dari kamu saja, biar aku tidak merana seperti ini.

Seandainya hatimu adalah sebuah system,
saat semua request-ku diterima aku akan nogkrong terus di bugtraq untuk mengetahui bug terbarumu maka aku akan patch n pacth terus,aku akan jaga service-mu jangan sampai crash n aku akan menjadi firewallmu aku akan pasang portsentry, dan menyeting error pagemu ” The page cannot be found Coz Has Been Owned by Someone get out!” aku janji gak bakalan ada macelinious program atau service yang hidden, karena aku sangat sayang dan mencintaimu.

Seandainya hatimu adalah sebuah system,
jangan ada kata “You dont have permission to access it” untuk aku, kalau ga mau di ping flood Atau DDos Attack jangan ah….! kamu harus menjadi sang bidadari penyelamatku.

Seandainya hatimu adalah sebuah system, …?
Tapi sayang hatimu bukanlah sebuah system,
kamu adalah sang bidadari impianku, yang telah mengacaukan systemku!
Suatu saat nanti aku akan datang n mengatakan kalau di hatiku sudah terinfeksi virus yang Menghanyutkan, Ga ada anti virus yang dapat menangkalnya selain …kamu.

taken from: ketawa.com

Manajemen Komputer-Tugas I

by curie loho
Manajemen Komputer
H.Wolley.ST


Tugas



fungsi motherboard,penjelasan bagian komponen penyusun motherboard (sertakan gambar)
Posted in Labels: , , | 0 Comments »

menggambar teknik elektro--tugas II

24.9.09 by curie loho

Posted in Labels: , , | 0 Comments »

Bagaimana Search Engine Google Bekerja

21.9.09 by curie loho

Search engine Google yang kita kenal sekarang ini merupakan search engine yang banyak di pakai, tapi pernakah Anda tahu bagaimana google tersebut bekerja dan dapat memberikan Informasi kepada kita.
Search engine (Mesin Pencari) khususnya google mempunyai komponen yang di sebut Spider atau laba-laba dan sering disebut juga Crawler. Elemen spider melakukan kunjungan ke situs-situs internet untuk membaca isinya dan mengikuti berbagai link yang ada dalam situsnya secara periodik.
Program yang dikenal sebagai Crawler, spider atau robot yang di gunakan google sebagai petugas penjelajah dunia internet itu bernama Cusco, scooter dan Deephot. Ketiga mesin google tersebut pertama-tama mencari info utama dari sebuah title tag, html tag serta meta tag. selain itu juga menelusuri teks serta link-nya. Dan tidak ketinggalan pula untuk memeriksa robots.txt yang memuat info mana saja yang boleh di teruskan dan tidak.
Tiap element yang di temukan Laba-laba akan di rekam dalam sebuah index dan apabila di temukan perubahan pada situs secara otomatis pula sang laba-laba melakukan Update.
Lalu jika search engine memiliki jutaan dan atau lebih akan memilah dan mencocokan sesuai permintaan dari si pencari. dan barulah kemudian menampilkannya pada monitor sesuai dengan daftar dengan urutan Ranking. Aplikasi yang di gunakan Google untuk membuat Rangking tersebut kita kenal dengan sebutan PageRank. Yang juga sebagai salah satu kebanggaan para blogger jika bisa mencapai rangking yang baik sehingga kesempatan muncul di area search engine lebih besar sesuai dengan isi dan tema blog tersebut yang tercermin dalam meta, title dan tag blog.
Sebelum search engine google menampilkan hasil pencariaannya, search engine terebut haruslah terlebih dahulu menemukan dokumen yang dicari. Andai kata search engine tersebut tidak memberikan informasi yang kita cari, bukan berarti informasi tersebut tidak tersedia di internet bisa saja informasi yang kita cari belum di temukan oleh search engine.
Untuk mengetahui bagaimanana search engine bekerja, Anda dapat membuka situs http://www.se-spider.com. dalam situs ini menunjukan bagaimana sebuah serach engine memperoleh informasi dalam situs Anda. Program ii disebut Spider Simulator.
Nah kalau kita sudah tahu bagaimana search engine google bekerja, tentu pemilik web/blog wajib mengikuti ritual yang di syaratkan mbah google, agar web atau blog kita menjadi pavorite di mesin pencari sehingga selalu tampil paling tidak di 10 besar pertama.
Nah apa saja ritual supaya web/blog mudah di kenali oleh mbah google? atau bahasa kerennya teknik SEO (search engine Optimaize) silahkan and googling aza sudah banyak rekan kita yang membahas tentang SEO.
Sebagai pelengkap agar web/blog kita cepat dikenali oleh search engine, maka kita mesti mendaftarkan web/blog kita ke search engine agar lebih cepat terindex, berikut link untuk mendaftarkan/submit ke berbagai search engine terutama Google : http://www.google.com/addurl.html dan jika ingin mensubmit langsung kebeberapa search engine sekaligus, menggunkan website yang menyediakan jasa untuk submmit ke search engine seperti: submitexpress.comaddme.com,ineedhits.comsubmit-it.com dan lain sebagainya.
Ok selamat mencoba dan jangan lupa juga membaca teknik SEO biar makin mantap
umber bacaan : Google Hacking oleh Efvy Zam Kerinci, Menjadi Webmaster oleh Media Solusindo dan Internet

10 Tips Wireless Security

by curie loho

Jaringan nirkabel atau yang sering disebut dengan wireless network cukup mudah untuk di set up, dan juga terasa sangat nyaman, terutama jika kita menginginkan agar bisa berjalan jalan keliling rumah atau kantor dengan komputer portable tetapi tetap bisa tetap mengakses jaringan internet. Namun, karena wireless menggunakan gelombang, maka akan lebih mudah untuk di-hack daripada koneksi yang menggunakan kabel. Ada beberapa tips disini untuk mengamankan wireless network.
Adapun langkah langkahnya sebagai berikut:
1. Memakai Enkripsi. Enkripsi adalah ukuran security yang pertama, tetapi banyak wireless access points (WAPs) tidak menggunakan enkripsi sebagai defaultnya. Meskipun banyak WAP telah memiliki Wired Equivalent Privacy (WEP) protocol, tetapi secara default tidak diaktifkan. WEP memang mempunyai beberapa lubang di securitynya, dan seorang hacker yang berpengalaman pasti dapat membukanya, tetapi itu masih tetap lebih baik daripada tidak ada enkripsi sama sekali. Pastikan untuk men-set metode WEP authentication dengan “shared key” daripada “open system”. Untuk “open system”, dia tidak meng-encrypt data, tetapi hanya melakukan otentifikasi client. Ubah WEP key sesering mungkin, dan pakai 128-bit WEP dibandingkan dengan yang 40-bit.
2. Gunakan Enkripsi yang Kuat. Karena kelemahan kelemahan yang ada di WEP, maka dianjurkan untuk menggunakan Wi-Fi Protected Access (WPA) juga. Untuk memakai WPA, WAP harus men-supportnya. Sisi client juga harus dapat men-support WPA tsb.
3. Ganti Default Password Administrator. Kebanyakan pabrik menggunakan password administrasi yang sama untuk semua WAP produk mereka. Default password tersebut umumnya sudah diketahui oleh para hacker, yang nantinya dapat menggunakannya untuk merubah setting di WAP anda. Hal pertama yang harus dilakukan dalam konfigurasi WAP adalah mengganti password default tsb. Gunakan paling tidak 8 karakter, kombinasi antara huruf dan angka, dan tidak menggunakan kata kata yang ada dalam kamus.
4. Matikan SSID Broadcasting. Service Set Identifier (SSID) adalah nama dari wireless network kita. Secara default, SSID dari WAP akan di broadcast. Hal ini akan membuat user mudah untuk menemukan network tsb, karena SSID akan muncul dalam daftar available networks yang ada pada wireless client. Jika SSID dimatikan, user harus mengetahui lebih dahulu SSID-nya agak dapat terkoneksi dengan network tsb.
5. Matikan WAP Saat Tidak Dipakai. Cara yang satu ini kelihatannya sangat simpel, tetapi beberapa perusahaan atau individual melakukannya. Jika kita mempunyai user yang hanya terkoneksi pada saat saat tertentu saja, tidak ada alasan untuk menjalankan wireless network setiap saat dan menyediakan kesempatan bagi intruder untuk melaksanakan niat jahatnya. Kita dapat mematikan access point pada saat tidak dipakai.
6. Ubah default SSID. Pabrik menyediakan default SSID. Kegunaan dari mematikan broadcast SSID adalah untuk mencegah orang lain tahu nama dari network kita, tetapi jika masih memakai default SSID, tidak akan sulit untuk menerka SSID dari network kita.
7. Memakai MAC Filtering. Kebanyakan WAP (bukan yang murah murah tentunya) akan memperbolehkan kita memakai filter media access control (MAC). Ini artinya kita dapat membuat “white list” dari computer computer yang boleh mengakses wireless network kita, berdasarkan dari MAC atau alamat fisik yang ada di network card masing masing pc. Koneksi dari MAC yang tidak ada dalam list akan ditolak. Metode ini tidak selamanya aman, karena masih mungkin bagi seorang hacker melakukan sniffing paket yang kita transmit via wireless network dan mendapatkan MAC address yang valid dari salah satu user, dan kemudian menggunakannya untuk melakukan spoof. Tetapi MAC filtering akan membuat kesulitan seorang intruder yang masih belum jago jago banget.
8. Mengisolasi Wireless Network dari LAN. Untuk memproteksi internal network kabel dari ancaman yang datang dari wireless network, perlu kiranya dibuat wireless DMZ atau perimeter network yang mengisolasi dari LAN. Artinya adalah memasang firewall antara wireless network dan LAN. Dan untuk wireless client yang membutuhkan akses ke internal network, dia haruslah melakukan otentifikasi dahulu dengan RAS server atau menggunakan VPN. Hal ini menyediakan extra layer untuk proteksi.
9. Mengontrol Signal Wireless. 802.11b WAP memancarkan gelombang sampai dengan kira kira 300 feet. Tetapi jarak ini dapat ditambahkan dengan cara mengganti antenna dengan yang lebih bagus. Dengan memakai high gain antena, kita bisa mendapatkan jarak yang lebih jauh. Directional antenna akan memancarkan sinyal ke arah tertentu, dan pancarannya tidak melingkar seperti yang terjadi di antenna omnidirectional yang biasanya terdapat pada paket WAP setandard. Selain itu, dengan memilih antena yang sesuai, kita dapat mengontrol jarak sinyal dan arahnya untuk melindungi diri dari intruder. Sebagai tambahan, ada beberapa WAP yang bisa di setting kekuatan sinyal dan arahnya melalui config WAP tsb.
10. Memancarkan Gelombang pada Frequensi yang Berbeda. Salah satu cara untuk bersembunyi dari hacker yang biasanya memakai teknologi 802.11b/g yang lebih populer adalah dengan memakai 802.11a. Karena 802.11a bekerja pada frekwensi yang berbeda (yaitu di frekwensi 5 GHz), NIC yang di desain untuk bekerja pada teknologi yang populer tidak akan dapat menangkap sinyal tsb.
Posted in Labels: , | 0 Comments »

My BlogList

Sign up for PayPal and start accepting credit card payments instantly.